A Grain Of Wheat Ministries

Membaca Online
Antikristus

DOMBA DAN KAMBING

BAB 1, BAGIAN I

Antikristus, buku oleh David W. Dyer

PUBLIKASI MINISTRIES “A GRAIN OF WHEAT”

Oleh David W. Dyer

Diterjemahkan oleh L. Yunnita

DAFTAR ISI

Bab 1, BAGIAN I: DOMBA DAN KAMBING (Bab saat ini)

Bab 1, BAGIAN I: DOMBA DAN KAMBING

Bab 1, BAGIAN II: "NUBUAT SEJARAH"

Bab 1, BAGIAN III: EMPAT BINATANG BUAS

Bab 1, BAGIAN IV: GAMBARAN NEBUKADNEZAR

BAB DI BAWAH INI DATANG SEGERA!

Bab 2: B

Bab 3: D

Bab 4: B

Bab 5: K

Bab 6: U

Bab 7: G

Bab 8: D

Bab 9: V

Bab 10: Z



KATA PENGANTAR

Dalam buku ini, kita akan menyelidiki orang-orang dan peristiwa-peristiwa yang mengelilingi akhir zaman ini. Banyak ide yang disajikan mungkin tampak baru atau berbeda dari apa yang Anda dengar pada masa lalu. Mengingat hal tersebut, penulis ingin mengajukan satu permintaan: Tolong jangan cepat bereaksi secara emosional terhadap hal-hal tersebut. Jangan tutup mata rohani dan pikiran.

Namun, selidikilah melalui tulisan suci. Bacalah ulang ayat-ayat Alkitab. Kenalilah semua ayat-ayat itu. Tidak perlu memercayai kata-kata saya. Pertimbangkan apa yang dituliskan di sini untuk Anda sendiri. Bukalah Alkitab dan bukalah roh Anda kepada-Nya dan izinkanlah Dia menunjukkan kepada Anda apa pun yang perlu Anda lihat.

Ketika kita mendekati akhir zaman ini, tampaknya Tuhan akan makin mengungkapnya agar kita dapat memahaminya. Tak diragukan lagi, saat hari-hari makin dekat, hal-hal itu akan menjadi makin jelas.

Namun, banyak wahyu kenabian dipahami dengan kejelasan penuh hanya setelah semua peristiwa terjadi atau ketika itu sedang berlangsung. Sebagai contoh, banyak nubuat mengenai Mesias yang akan datang baru dipahami saat itu terjadi atau bahkan setelah kematian-Nya. Karena itu, meskipun kita mungkin bisa mempersepsikan beberapa dari apa yang akan terjadi sebelumnya, tidak ada yang akan memiliki pemahaman yang lengkap, dalam setiap detail, dari semua peristiwa di masa depan.

Tentu saja Allah akan menunjukkan kepada hamba-hamba-Nya banyak hal yang akan terjadi. Namun, pemahaman penuh pasti baru akan datang setelah fakta terjadi.

Seperti dalam setiap diskusi tentang masa depan, dari waktu ke waktu penulis akan mendalami beberapa dugaan. Hampir tak terhindarkan bahwa ketika membaca tulisan suci kenabian, kita mencoba membayangkan bagaimana itu mungkin cocok dengan situasi dunia kita saat ini. Hasilnya adalah selalu ada beberapa dugaan yang muncul.

Ketika apa yang sedang ditulis tidak pasti atau ketika ada beberapa spekulasi yang diungkapkan, saya akan menunjukkannya dengan menggunakan kata-kata seperti "kemungkinan", "bisa jadi", "mungkin", dll. Pembaca harus menyadari bahwa ketika kata-kata tersebut muncul, penulis membuat semacam tebakan tentang masa depan. Spekulasi seperti itu seharusnya tidak dianggap sebagai fakta.

Dalam tulisan ini, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyatakan kapan catatan Alkitab cukup jelas dan kapan imajinasi dimunculkan.


BAGIAN I: DOMBA DAN KAMBING

Beberapa tahun yang lalu, saya berbicara dengan seorang wanita muda. Mungkin karena kami berbicara tentang Inggris, dia mulai bercerita tentang ayahnya. Ayahnya seorang hakim. Dia baru saja kehilangan istrinya, saya rasa karena kanker. Dia baru saja pensiun dan memutuskan untuk melakukan perjalanan mengunjungi Inggris, mungkin untuk mengalihkan pikirannya dari kepergian istrinya.

Di sana, ketika melangkah dari trotoar, seperti biasa dia melihat ke kiri untuk melihat jalan. Karena tidak melihat apa-apa, dia menyeberang jalan dan tertabrak hingga tewas oleh bus yang datang dari arah yang lain.

Karena dia melihat ke arah yang salah. Akibatnya, dia tertabrak dari arah yang tak diduganya. Dia melihat ke kiri seperti yang akan dilakukannya di AS dan bukannya ke kanan, seperti yang seharusnya dia lakukan di Inggris. Alasannya karena lalu lintas di Inggris berjalan di sebelah kiri dan bukan di sebelah kanan.

Dari sini ada sedikit pelajaran spiritual. Banyak orang Kristen berisiko dibutakan dengan kedatangan Antikristus dan peristiwa akhir zaman. Mengapa? Itu karena mereka melihat ke arah yang salah. Dari ajaran yang telah diterima, mereka berfokus pada peristiwa-peristiwa tertentu yang muncul bersama untuk menggenapi tulisan suci kenabian. Tetapi banyak dari ajaran tersebut yang keliru. Ada kemungkinan bahwa orang-orang beriman ini telah salah informasi dan karenanya salah arah.

Banyak orang saat ini mencari "Kekaisaran Romawi yang dihidupkan kembali" yang akan bangkit menjadi kerajaan Antikristus. Yang lain percaya bahwa akan segera ada "satu pemerintahan dunia" mungkin PBB yang mengambil alih dunia. Yang lain lagi berpikir bahwa Antikristus adalah orang Kristen yang kembali melakukan kesalahan atau mantan Yahudi. Banyak yang tampaknya berpikir bahwa semacam mikrocip akan menjadi tanda binatang buas itu. Namun ketika kita perhatikan dengan saksama nubuat tentang hal ini, gambaran yang sama sekali berbeda akan muncul.

Buku ini adalah upaya untuk memberikan sudut pandang baru tentang akhir zaman. Di sini kita akan menyelidiki dari tulisan suci tentang dari lokasi mana Antikristus akan muncul. Kemudian kita akan melihat secara tepat di mana kesepuluh raja dan kerajaan mereka berada. Ini kemudian akan memampukan orang beriman untuk melihat ke arah yang benar agar tidak terkejut saat peristiwa itu mulai terjadi.

Di gereja saat ini, ada banyak kebingungan dan spekulasi tentang Manusia Berdosa masa depan. Namun, ada banyak tulisan suci tentang dia dan kemunculannya yang cukup jelas dan mudah dimengerti. Hal-hal itu tidak semisterius dan sesulit kelihatannya.

Ketika menyelidiki bersama beberapa nubuat Perjanjian Lama dan Baru, tolong jangan terintimidasi. Pada awalnya gambaran binatang buas, tanduk, dll, bisa tampak agak menakutkan. Namun, Alkitab menggunakan gambaran tersebut secara konsisten dan logis di sepanjang kisahnya.

Seringnya hampir sesederhana cerita anak-anak, menggunakan gambar dan makhluk seperti binatang untuk menjelaskan tentang masa depan. Setelah memahami bagaimana makhluk tersebut digunakan untuk melambangkan kerajaan dan pemimpin tertentu, semuanya akan mudah dimengerti. Meskipun penulis tidak mengklaim bahwa dia memahami semua detail dari masing-masing ayat, kebenaran yang akan kita bahas bersama tidaklah rumit.

DARI MANA ANTIKRISTUS DATANG?

Hal pertama yang sangat jelas ketika membaca nubuat dalam kitab Daniel, adalah dari mana asal Antikristus. Dia muncul di Timur Tengah. Itu betul. Antikristus tidak datang dari Roma, atau dari Eropa, atau dari daerah lain di dunia, tetapi jelas muncul dari Timur Tengah.

Ingatlah fakta ini, karena ini adalah kunci penting untuk memahami peristiwa yang akan terjadi pada akhir zaman. Sekarang akan kita lihat tulisan suci yang mengajarkan kebenaran ini. Jika tidak mengetahuinya dengan jelas, mungkin pembahasan berikut lebih mudah dimengerti jika Anda membaca sejenak Daniel pasal 8.

Tempat asal Antikristus mungkin paling jelas dalam penglihatan yang ditemukan dalam Daniel pasal 8. Penglihatan itu menyangkut dua binatang: seekor domba jantan yang memiliki dua tanduk dan seekor kambing jantan yang memiliki satu tanduk besar. Dalam penglihatan itu, kambing jantan menyerang domba jantan dan membinasakannya.

Seorang malaikat menjelaskan kepada Daniel, kedua binatang itu mewakili apa. Dia berkata, "Domba jantan yang kaulihat itu, dengan kedua tanduknya - ialah raja-raja orang Media dan Persia" (Dan 8:20). Jadi domba jantan adalah kerajaan Media-Persia dan dua tanduk mewakili dua pemimpin kerajaan itu. Inilah kekaisaran yang menaklukkan Babel pada zaman Daniel (Dan 5:30,31).

Kambing mewakili kekaisaran Aleksander Agung. Malaikat itu menjelaskan, “Dan kambing jantan yang berbulu kesat itu ialah raja negeri Yunani, dan tanduk besar yang di antara kedua matanya itu ialah raja yang pertama” (Dan 8:21). Fakta sejarah mengatakan bahwa Aleksander Agung menaklukkan kerajaan Media-Persia. Inilah pemenuhan penglihatan kenabian dari kitab Daniel, yaitu kambing jantan yang membinasakan domba jantan. Ini sangat sederhana dan mudah dimengerti.

Kerajaan Aleksander berbasis di Yunani. Dari Yunani, kerajaannya menyebar ke timur, melewati apa yang sekarang dikenal sebagai Turki, Irak, Iran, Afghanistan - sampai ke India. Dia juga menaklukkan ke selatan, meliputi Timur Tengah dan Mesir. Perlu dicatat bahwa kerajaan Aleksander mencakup sedikit dari Eropa modern. Luasnya kerajaan Aleksander dapat dilihat dari peta yang disertakan di bawah ini.

Kemudian dalam penglihatan ini terungkap apa yang akan terjadi pada Aleksander. Dia mendirikan kerajaan yang luar biasa, membentang dari Yunani ke India dan turun ke Mesir, tetapi kemudian apa yang terjadi? Dalam ramalan, tanduk besar pada kambing, yang mewakili Aleksander, hancur. Itu terjadi setelah dia menjadi "sangat hebat" dan "kuat" (Dan 8:8). Pada satu tanduk kambing itu, empat tanduk lainnya muncul. Apa artinya? Itu juga memiliki penafsiran yang sangat logis dan sederhana.

Alexander's Empire

Fakta historis menyatakan bahwa Aleksander meninggal mendadak di puncak kekuasaannya. Perihal bagaimana dia meninggal masih diperdebatkan, apakah itu dalam keadaan mabuk, atau dari kecelakaan, atau racun, tidak pasti. Mungkin akan dapat diketahui nanti. Tetapi yang penting adalah dia meninggal mendadak. Setelah kematiannya, kerajaannya dibagi kepada empat jenderalnya.

Itu juga yang diprediksi oleh Alkitab dengan mengatakan: "... patahlah tanduk yang besar itu, lalu pada tempatnya tumbuh empat tanduk yang aneh, sejajar dengan keempat mata angin yang dari langit" (Dan 8:8). Keempat tanduk mewakili empat pemimpin baru. Jadi nubuat Daniel mengatakan tentang beberapa peristiwa yang sekarang telah menjadi sejarah.

Mari kita luangkan waktu sejenak dan membuat ringkasan. Pertama tertulis tentang kerajaan Media-Persia ("domba"). Kemudian dikatakan bahwa itu akan dihancurkan oleh Aleksander pemimpin Yunani (kambing jantan). Selanjutnya, dikatakan bahwa Aleksander akan meninggal mendadak dan kerajaannya akan dibagi menjadi empat bagian yang sekarang diketahui dipimpin oleh empat jenderalnya.

Mengapa sejarah kuno itu penting bagi kita? Alasannya adalah bahwa itu menunjukkan dengan jelas dari mana Antikristus akan datang. Dia akan muncul dari wilayah salah satu empat jenderal itu.

Mohon perhatikan hal ini. Antikristus akan datang dari salah satu bagian kerajaan Aleksander. Kita tahu ini karena tulisan suci yang mengatakan, “... dari salah satu tanduk itu [mengacu pada empat tanduk] muncul suatu tanduk kecil, yang menjadi sangat besar ke arah selatan, ke arah timur dan ke arah Tanah Permai [yang mungkin berarti Israel]” (Dan 8:9).

Dalam tulisan suci, Antikristus sering disebut sebagai "tanduk" atau "tanduk kecil" (Dan 8:9; 7:8, 11, 20, 21). Jelas bahwa "tanduk kecil" ini adalah Antikristus karena kegiatannya yang dijelaskan dalam Daniel 8:10-13 dan juga dalam ayat-ayat pasal 7 yang tercantum di atas.

Di sini secara eksplisit dikatakan bahwa "tanduk kecil", yang mewakili Antikristus, akan datang dari beberapa bagian dunia yang berada di Kekaisaran Aleksander. Dia akan datang dari wilayah salah satu empat “tanduk”. Ini memberikan arah yang jelas. Penglihatan yang dilihat Daniel, tidak berfokus pada Eropa, tetapi pada bagian dunia yang "timur" dan "selatan" Yunani, yaitu Timur Tengah.

Ini adalah petunjuk yang cukup bagus. Allah tidak mengharapkan kita untuk hanya menebak tentang hal-hal ini, Dia bahkan menjelaskan lebih jauh lagi dari mana manusia berdosa akan datang. Dia memberi nubuat yang bahkan lebih eksplisit yang akan kita bahas pada bagian selanjutnya.

Akhir bab 1, bagian 1

Baca bab-bab lain secara online:

Bab 1, BAGIAN I: DOMBA DAN KAMBING (Bab saat ini)

Bab 1, BAGIAN I: DOMBA DAN KAMBING

Bab 1, BAGIAN II: "NUBUAT SEJARAH"

Bab 1, BAGIAN III: EMPAT BINATANG BUAS

Bab 1, BAGIAN IV: GAMBARAN NEBUKADNEZAR

BAB DI BAWAH INI DATANG SEGERA!

Bab 2: B

Bab 3: D

Bab 4: B

Bab 5: K

Bab 6: U

Bab 7: G

Bab 8: D

Bab 9: V

Bab 10: Z

We are always looking to offer books in more languages.


Want to help us by translating or proofreading books?

How to volunteer